3 Pengertian Negosiasi dari Berbagai Aspek

Sahabat Latis semua tentu pernah mendengar kata "negosiasi" bukan? Lalu apa pengertian negosiasi itu?

Negosiasi mengacu pada diskusi yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah dan dapat diterima oleh kedua belah pihak. Ketika bernegosiasi, kedua belah pihak masing-masing memberikan sudut pandang yang bersifat persuasif.

Pada akhirnya, negosiasi menjadi cara untuk menyelesaikan masalah dengan jalan keluar yang disetujui oleh kedua belah pihak.

Lalu, apakah negosiasi hanya membahas tentang kesepakatan kedua belah pihak yang bermasalah?

Agar Sahabat Latis memahami pengertian negosiasi secara mendalam, mari kitansimak ulasan berikut sampai dengan poin yang terakhir ya...

Keep scrolling and reading...!

Pengertian Negosiasi

Pengertian Negosiasi dari Berbagai Aspek

Negosiasi memiliki pengertian dari beragam aspek dan sudut pandang. Para ahli juga mengemukakan apa itu negosiasi berdasarkan pengalaman dan riset yang telah mereka lakukan.

1.      Apa Pendapat Para Ahli tentang Negosiasi?

Para ahli mendefinisikan negosiasi berdasarkan riset dan pemikiran mereka. Beberapa di antaranya adalah seperti Greenhalgh dan Lewicki, Rubin dan Brown, Neale dan Northcraft, dll.

Greenhalgh dan Lewicki

Negosiasi adalah proses mencapai komitmen untuk tindakan dalam sebuah kasus di mana para pihak memasuki percakapan tanpa alternatif. Dalam kata lain, tidak ada pihak yang memiliki kekuatan untuk memaksakan keputusan.

Rubin dan Brown

Negosiasi mengacu pada proses di mana individu bekerja sama dalam merumuskan kesepakatan tentang segala sesuatu yang dipersengketakan.

Neale dan Northcraft

Negosiasi merupakan proses yang memberikan asumsi bahwa pihak yang terlibat bersedia untuk berkomunikasi dan menghasilkan penawaran, penawaran balik, atau keduanya. Adanya kesepakatan dalam bernegosiasi hanya akan terjadi apabila penawaran yang dibuat diterima oleh kedua belah pihak.

Bazerman, et al.

Negosiasi dapat terjadi antara sejumlah individu yang mewakili masalah mereka sendiri atau orang lain. Semakin banyak jumlah orang yang terlibat, maka semakin sulit dan kompleks pula proses negosiasi untuk mencapai kesepakatan.

Carnevale dan Pruitt

Proses negosiasi melibatkan strategi, taktik, dan peristiwa. Strategi dalam negosiasi mengacu pada pendekatan yang dipilih negosiator demi mencapai tujuan mereka. Misalnya pemilihan strategi kooperatif atau kompetitif. Sedangkan taktik merupakan elemen strategi yang terpisah, seperti halnya berbagi informasi.

Leigh Thompson

Negosiasi adalah proses pengambilan keputusan antarpribadi untuk mencapai tujuan tertentu.

Cohen

Negosiasi merupakan proses di mana dua pihak atau lebih bekerja sama untuk mencapai solusi yang dapat diterima bersama. Negosiasi dapat dikaitkan dengan transaksi perdagangan, kontrak atau tawar-menawar.

Ćulo dan Skenderović

Negosiasi adalah dialog antara dua orang atau lebih dengan maksud untuk menyelesaikan titik perbedaan.

Baca juga: Bimbel CPNS Terbaik

Pengertian Negosiasi
Source: https://www.freepik.com/

2.      Definisi Negosiasi Berdasarkan Istilah

Secara istilah, negosiasi merupakan cara untuk menyelesaikan perbedaan tanpa menimbulkan permusuhan. Sebelum memulai negosiasi, penting bagi kita untuk menilai apa yang kita inginkan dari sebuah negosiasi. 

Negosiasi dimulai dari diskusi, klarifikasi, negosiasi hasil, dan menyetujui hasil akhir. 

Tahap diskusi merupakan tahap untuk memastikan apakah pihak yang terlibat mendengarkan, mempertanyakan, dan mengklarifikasikan pernyataan yang ada. 

Tahap klarifikasi adalah tahap di mana kedua belah pihak memahami dan menetapkan dasar dari negosiasi mereka. Setelah itu, barulah kita bisa menemukan win win solution yang membutuhkan kompromi tanpa perdebatan. 

Hingga pada akhirnya, kedua belah pihak sampai di tahap menyetujui kesepakatan. Pada tahap inilah seluruh pihak yang bernegosiasi mendapatkan solusi tanpa ambiguitas.

Pengertian Negosiasi
Source: https://www.freepik.com/

3.      Memahami Apa Itu Negosiasi Berdasarkan Konteks

Tanpa kita sadari, secara tidak langsung kita pernah melakukan negosiasi. Contohnya saja negosiasi dalam ekonomi. Seperti halnya kegiatan tawar-menawar yang dilakukan ketika Sahabat Latis ingin mendapatkan pilihan harga yang terjangkau. 

Selain itu, negosiasi juga dapat kita lakukan di bidang lainnya seperti bisnis, hukum, diplomasi, dan lainnya.

Negosiasi di Bidang Bisnis

Negosiasi adalah proses di mana dua atau lebih partai dan kebutuhan dan tujuan yang berbeda membicarakan masalah terkait untuk menemukan solusi yang tepat dan bisa diterima bersama-sama.

Negosiasi dalam Lingkup Hukum

Negosiasi merupakan proses tawar-menawar para pihak terkait lebih mencapai kesepakatan.

Negosiasi di Bidang Diplomasi

Diplomasi negosiasi dapat diartikan sebagai pertukaran potensi dan prestasi dalam kerangka tatanan internasional yang diterima oleh entitas berdaulat.

Sahabat Latis, berdasarkan uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa inti dari negosiasi adalah sebuah diskusi yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah dan menghasilkan solusi yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.

Negosiasi hanya terjadi apabila memenuhi elemen-elemen di bawah ini:

Kepentingan

Negosiasi tidak akan terjadi tanpa adanya kepentingan. Walaupun kita tidak pernah mengatakan apa yang kita inginkan, tetap saja keinginan atau kepentingan itu menuntun kita untuk melakukan sesuatu.

Kesepakatan

Hasil akhir dari negosiasi adalah kesepakatan yang dilindungi hukum. Itulah kenapa ketika kamu melakukan negosiasi, hendaknya kamu melibatkan badan hukum terkait.  

Alternatif

Kesepakatan yang dibuat sebaiknya memiliki pilihan alternatif atau plan B. Setidaknya, ketika pilihan pertama tidak berjalan dengan semestinya, kita tidak kebingungan dengan langkah apa yang harus diambil setelahnya.

Pilihan

Pilihan yang tersedia ketika proses negosiasi berlangsung hendaknya menjadi pertimbangan oleh pihak yang terlibat.

Pilihan tersebut hendaknya mempertimbangkan kondisi, kepentingan, dan lainnya.

Komitmen

Dalam bernegosiasi, komitmen dapat didefinisikan sebagai permintaan, penawaran, kesepakatan atau janji yang dibuat oleh satu pihak atau lebih.

Komitmen tersebut meliputi pertemuan, waktu, dan tempat.

Komunikasi

Tak masalah di mana pun negosiasi itu berlangsung, keberhasilan negosiasi hanya tergantung pada lancar atau tidaknya setiap pihak berkomunikasi dengan pihak lainnya.

Baca juga: Bimbel CPNS Online

Nah, Sahabat Latis, itulah ulasan tentang Pengertian Negosiasi. Jika kamu ingin mendapatkan pengetahuan lebih komplit tentang negosiasi, kamu bisa banget menghubungi Latis Privat.

Kami siap untuk membantu kamu mendapatkan tutor yang berpengalaman dan mampu menjawab semua kebutuhan belajarmu.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur waktu belajar yang fleksibel bahkan belajar secara online di rumah.

Bersama Latis Privat, Sahabat Latis akan bertemu guru yang sangat tepat dan mampu menjawab segala permasalahan dalam belajar.

Jadi, apa lagi yang kalian tunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kalian juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik www.latisprivat.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut yaa...

Sampai ketemu di Latis Privat :) 

#negosiasi #pengertiannegosiasi #aspeknegosiasi

 

Source:

https://www.sicotests.com/darticle.asp?page=6

https://researchleap.com/business-negotiation-crucial-component-sales/

https://www.pon.harvard.edu/daily/negotiation-skills-daily/what-is-negotiation/?amp

 


Komentar

Popular Post