• Home
  • 7 Prospek Kerja Jurusan Biologi yang Menjanjikan!

7 Prospek Kerja Jurusan Biologi yang Menjanjikan!

Memilih jurusan kuliah yang tepat sangat penting, karena akan cukup menentukan jenis pekerjaan yang akan kamu geluti nantinya. Itulah sebabnya, mulai memasuki SMA kamu sering menerima bimbingan dalam pemilihan jurusan yang tepat. Salah satu jurusan yang cukup diminati beberapa waktu terakhir adalah Biologi. Namun masih banyak yang belum tahu nih, apa sih prospek kerja jurusan Biologi setelah lulus nantinya?


Biologi sesuai dengan namanya berarti ilmu yang mempelajari mengenai makhluk hidup. Mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, bahkan organisme kecil seperti virus, bakteri, dan mikroorganisme lainnya merupakan cakupan materi Biologi.


Ilmu sains yang satu ini sangat menarik untuk dipelajari. Selain karena berkaitan langsung dengan manusia dan makhluk hidup disekitarnya, metode pembelajaran biologi pun banyak melibatkan praktik dan eksperimen. Hal ini bisa jadi salah satu alasan kamu yang tertarik dengan eksperimen untuk memilih kuliah jurusan Biologi, kan?


Nah, tapi kamu juga perlu tahu terlebih dahulu nih setelah lulus dari jurusan biologi, apa saja peluang karir yang bisa kamu tekuni? Prospek kerja jurusan Biologi ternyata sangat luas dan beragam. Untuk memudahkan kamu mempelajarinya, berikut ini penjelasan lengkapnya!


7 Prospek Kerja Jurusan Biologi yang Menjanjikan untuk Karir Cemerlang!


1. Guru

Prospek kerja jurusan biologi


Karena jurusan Biologi merupakan jurusan yang mengajarkan materi yang dibutuhkan juga di tingkat sekolah, maka prospek kerja jurusan Biologi yang paling luas untuk mahasiswa lulusannya adalah guru. Mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA), memiliki mata pelajaran Biologi yang harus diampu oleh guru dengan latar belakang pendidikan yang sesuai.

Oleh karena itu, lulusan jurusan Biologi akan banyak menemukan lowongan untuk posisi guru Biologi ini. Bagi kamu yang tertarik dan memiliki cita-cita untuk menjadi guru, maka pilihan jurusan Biologi sangat tepat. Kamu juga bisa mengajarkan berbagai percobaan langsung kepada murid-murid kamu nanti di kelas. Menyenangkan sekali bukan?


2. Dosen

Prospek kerja jurusan biologi sebagai dosen


Prospek kerja jurusan Biologi berikutnya mirip dengan profesi guru, yaitu menjadi dosen. Perbedaannya, kamu akan mengajarkan materi biologi yang lebih luas dan dalam pada mahasiswa-mahasiswa yang membutuhkan ilmu ini. Jurusan yang membutuhkan lulusan Biologi pun beragam, tidak hanya jurusan Biologi saja, tetapi juga kedokteran.


Nah, bagi kamu yang ingin meniti karir menjadi dosen ilmu biologi, kamu harus menempuh pendidikan S1 dan S2 yang berkaitan dengan Biologi. Agar kamu bisa lolos ke kampus dengan jurusan Biologi terbaik seperti yang kamu harapkan, maka kamu bisa mengikuti les privat Biologi atau les privat SNMPTN di Latis Privat.


3. Ilmuwan

Prospek kerja jurusan biologi sebagai ilmuwan


Prospek kerja jurusan Biologi berikutnya adalah menjadi seorang ilmuwan. Lembaga penelitian baik milik swasta maupun negara semuanya membutuhkan lulusan Biologi untuk bekerja sebagai ilmuwan. Jenis pekerjaan seorang ilmuwan pun sangat beragam, namun pastinya akan berkaitan dengan penelitian yang sedang dilakukan.


Sebagai lulusan Biologi, tentu penelitian yang kamu akan dilibatkan akan berkaitan dengan objek ilmu Biologi itu sendiri, yaitu makhluk hidup. Kamu dapat dipekerjakan untuk melakukan pengumpulan data, penyusunan teori, hingga perumusan kesimpulan. Itulah mengapa ilmuwan tidak selalu bekerja di dalam laboratorium, namun dapat juga bekerja langsung di lapangan. Apakah kamu tertarik dengan prospek kerja ini?


4. Analis Laboratorium

Prospek kerja jurusan biologi sebagai Analis


Bagi kamu yang lebih tertarik dengan jenis pekerjaan di dalam ruangan, prospek kerja jurusan biologi menjadi analis laboratorium bisa menjadi pilihan yang menarik. Bekerja di laboratorium juga memiliki kegiatan yang beragam. Kamu juga akan banyak terlibat dengan eksperimen-eksperimen yang dilakukan di dalam laboratorium.


Bekerja sebagai analis laboratorium akan melibatkanmu ke dalam banyak uji coba, lalu kamu akan menganalisis proses dan hasil uji coba tersebut. Jika kamu tertarik menjadi analis laboratorium, kamu bisa mempersiapkan dari sekarang untuk lolos ke jurusan Biologi di kampus terbaik. Latis Privat dapat membantu kamu belajar untuk persiapan ujian masuk perguruan tinggi dengan guru privat biologi terbaik.


5. Ahli Biomedis

Prospek kerja jurusan biologi sebagai Biomedis


Selanjutnya, setelah lulus dari jurusan Biologi kamu juga dapat mempertimbangkan jenjang karir sebagai Ahli Biomedis. Profesi yang satu ini berkaitan dengan kegiatan penelitian untuk pengembangan instrumen klinis, prosedur dan prinsip teknik sistem biologis manusia dan hewan. Selain itu, kamu juga akan banyak mengembangkan model dan membuat simulasi untuk mempelajari pola hidup.


Profesi ahli biomedis juga bisa berkembang menjadi pengajar khusus bidang keilmuan ini. Jadi sebenarnya prospek karir ini sangat menjanjikan. Khususnya bagi kamu yang tertarik dalam dunia penemuan dan pengembangan.


6. Ahli Bioteknologi

Prospek kerja jurusan biologi sebagai bioteknologi


Prospek kerja jurusan Biologi yang satu ini adalah salah satu yang paling menarik. Bioteknologi adalah cabang ilmu Biologi yang mengembangkan pemanfaatan makhluk hidup untuk produksi barang dan jasa. Dunia teknologi yang terus berkembang ternyata berkolaborasi dengan ilmu Biologi, untuk menghasilkan penemuan-penemuan terkini.


Karena prospeknya yang menjanjikan, jurusan ini cukup banyak peminatnya. Agar kamu bisa bersaing dan lolos di jurusan yang kamu inginkan, Latis Privat bisa membantu kamu melalui program les yang sesuai kebutuhan loh.


7. Penulis

Prospek kerja jurusan biologi sebagai penulis


Satu lagi peluang kerja yang dapat ditekuni oleh lulusan Biologi adalah menjadi penulis. Teori dan pengetahuan yang dipelajari di jurusan Biologi adalah pengetahuan yang dibutuhkan masyarakat secara umum. Oleh karena itu, kamu dapat menuliskan pengetahuanmu dalam buku untuk dipublikasikan.


Tidak hanya itu, kamu juga bisa terjun ke dalam dunia penulisan buku pelajaran Biologi. Mulai dari teori hingga soal-soal latihan akan sangat menjual dalam sebuah buku. Oleh sebab itu, prospek kerja jurusan Biologi ini juga banyak diminati saat ini. Jika kamu juga salah satunya, maka jangan ragu lagi untuk mengambil jurusan kuliah Biologi ya.


Nah, itu dia 7 prospek kerja jurusan Biologi yang menjanjikan karir cemerlang. Apakah ada salah satu karir yang menarik perhatian kamu? Jika ya, maka kamu sangat direkomendasikan untuk masuk ke jurusan biologi.


Kamu bisa mendapatkan bantuan dari guru les privat SNMPTN dan guru les privat Biologi dari Latis Privat untuk mempersiapkan ujian masuk perguruan tinggi. Cara pendaftarannya mudah, cukup kunjungi website kami di latisprivat.com dan kami akan segera mencarikan guru sesuai kebutuhan kamu loh!

Posting Komentar

LATISPRIVAT

Adalah Lembaga Guru les privat professional ke rumah SD SMP SMA di Jabodetabek. Dapatkan #TutorHebat di sini untuk datang mengajar ke rumahmu dan dapatkan prestasi yang lebih tinggi.

Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, 16412


Office Hour: Senin s/d Jumat 09.00-17.00


(021) 7784-4897


085810779967

Artikel Terbaru - Guru Les

[News][5][recentright]