Sahabat Latis, kita semua mungkin pernah memperhatikan air panas bisa berubah menjadi air dingin dalam suatu waktu. Atau makanan yang hangat apabila dibiarkan terbuka, akan dingin dengan sendirinya.

Secara tidak langsung, kita semua sudah mempelajari bagaimana kalor atau energi panas dapat berpindah dari suatu tempat ke tempat lain.

Perpindahan kalor tersebut terbagi ke dalam tiga kelompok yaitu konveksi, konduksi, dan radiasi. Namun pada pembahasan kali ini, kita akan belajar tentang konveksi dan contoh perpindahan kalor secara konveksi.

Baca juga: Bimbel Online CPNS

Kalor

Contoh Perpindahan Kalor secara Konveksi

Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang contoh perpindahan kalor secara konveksi, mari kita pelajari terlebih dahulu tentang definisi konveksi.

Apa itu konveksi?

Seperti yang sudah kita bahas di bagian pembuka, konveksi adalah kalor yang berpindah bersama partikel benda yang bergerak dari suatu tempat ke tempat lainnya.

Kenapa konveksi bisa terjadi?

Konveksi terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti luas permukaan benda, volume cairan, viskositas cairan, gravitasi, dan nilai konduktivitas benda.

Konveksi terjadi secara alami dan dipaksa. Angin laut merupakan contoh konveksi alami karena terjadinya gaya apung yang disebabkan oleh perbedaan suhu.

Sedangkan konveksi yang dipaksa biasa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti halnya penggunaan pendingin ruangan di musim panas.

Tidak hanya itu saja, kita juga akan belajar tentang contoh konveksi dalam kehidupan sehari-hari seperti mantel bumi, fenomena alam, black holes, awan kumulus, efek marangoni, peredaran darah manusia, cerobong asap, balon udara, kulkas, radiator, pendingin ruangan, air yang mendidih, es yang mencair, minuman hangat, dan pembuatan popcorn.

Baca juga: 3 Pengertian Negosiasi dalam Berbagai Aspek

1. Mantel Bumi

Mantel bumi merupakan contoh perpindahan kalor secara konveksi yang paling nyata di kehidupan kita. Arus konveksi berperan untuk mengatur pergerakan mantel di permukaan inti bumi.

2. Fenomena Alam

Fenomena alam seperti hujan, badai, dan guntur tidak lepas dari peran awan kumulonimbus. Penguapan terjadi karena adanya konveksi atau perpindahan panas.

Kalor
Source: https://www.freepik.com/

3. Black Holes

Sahabat Latis mungkin pernah mendengar tentang black holes. Ya, black holes memiliki materi yang berputar berbentuk cakram (cakram akresi). Materi tersebut terdiri atas gas dan partikel debu yang kecepatannya hampir mendekati kecepatan cahaya. Proses konveksi di sini terjadi disebabkan oleh energi gravitasi pada cakram black holes tersebut.

4. Awan Kumulus

Awan kumulus terbentuk secara konveksi. Awan ini terlihat cerah apabila menghadap langsung ke matahari setelah arus udara membawa uap air ke atmosfer.

5. Efek Marangoni

Efek marangoni terjadi karena perbedaan gradien tegangan permukaan. Arus konveksi membuat cairan yang memiliki tegangan permukaan menarik cairan yang dekat, bukan cairan yang memiliki tegangan permukaan yang rendah.

6. Peredaran Darah Manusia

Jantung bekerja untuk memompa darah dan dialirkan ke seluruh tubuh. Selama proses tersebut berlangsung, sel pada tubuh menghasilkan panas hingga ke permukaan kulit.

7. Cerobong Asap

Cerobong asap bekerja karena adanya pergerakan udara yang disebabkan oleh perbedaan suhu atau kondensasi.

8. Balon Udara

Pernahkah Sahabat Latis melihat bagaimana balon udara dapat naik dan membawa kita mengudara dalam keadaan selamat?

Jika kalian jeli memperhatikannya, energi panas yang terkonveksi di bawah airbag membuat “batasan” secara tidak langsung. Sehingga kita bisa naik balon udara dalam ketinggian yang aman. Itu karena perubahan energi panas ke dingin membuat balon udara berhenti dan menetap pada ketinggian tertentu.

9. Kulkas

Ini termasuk contoh perpindahan kalor secara konveksi dengan terpaksa. Freezer berfungsi sebagai pendingin di bagian atas.

Peran freezer tersebut digantikan oleh partikel udara yang lebih hangat agar suhu lemari es tetap stabil di bagian bawah.

Kalor
Source: https://www.freepik.com/

10. Radiator

Radiator merupakan perangkat yang digunakan untuk memindahkan energi panas ke dua media yang berbeda. Energi panas tersebut ditransfer ke peralatan listrik berdasarkan prinsip konveksi.

Uap dari kumparan internal naik, lalu ditarik oleh udara dingin yang berasal dari dasar radiator. Gerakan tersebut menghasilkan arus konveksi yang menyebarkan udara hangat secara merata.

11. Pendingin Ruangan

Udara panas yang tidak padat mengalami kenaikan hingga mengeluarkan udara dingin yang lebih padat.

Itulah kenapa pendingin ruangan atau AC dapat menyebarkan udara dingin ke seluruh ruangan melalui proses konveksi.

12. Air yang Mendidih

Air mendidih adalah contoh perpindahan kalor secara konveksi. Air yang mulanya dingin dapat mendidih karena adanya energi panas yang bersumber dari pembakaran.

13. Es yang Mencair

Es membeku karena suhu yang rendah. Jika dibiarkan terletak di tempat yang terbuka, maka es tersebut dapat mencair.

Kenapa demikian?

Udara yang bertiup di sekeliling es bersifat panas. Sehingga membuat suhu ruangan meningkat dan mempengaruhi volume es tersebut. Itulah kenapa es dapat mencair di tempat terbuka.

14. Minuman Hangat

Sama seperti es yang mencair, minuman hangat seperti kopi, teh, dan susu juga mendapatkan energi dari sekitarnya. Sehingga, minuman hangat itu dapat berubah menjadi dingin dengan sendirinya.

15. Pembuatan Popcorn

Kamu semua pasti sudah mengetahui bagaimana cara membuat popcorn bukan? Ya, popcorn dibuat dengan bantuan panas dan udara.

Ketika paci berisi popcorn sudah diletakkan di atas kompor, angin mengantarkan udara panas yang membuat biji jagung bermekaran hingga terciptalah popcorn.

Baca juga: Bimbel CPNS Online

Nah, Sahabat Latis, itulah ulasan tentang Contoh Perpindahan Kalor secara Konveksi. Jika kamu ingin mendapatkan pengetahuan lebih lengkap mengenai perpindahan kalor secara konveksi, kamu bisa banget menghubungi Latis Privat.

Kami siap untuk membantu kamu mendapatkan tutor yang berpengalaman dan mampu menjawab semua kebutuhan belajarmu.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur waktu belajar yang fleksibel bahkan belajar secara online di rumah.

Bersama Latis Privat, Sahabat Latis akan bertemu guru yang sangat tepat dan mampu menjawab segala permasalahan dalam belajar.

Jadi, apa lagi yang kamu tunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik https://www.latisprivat.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut yaa...

Sampai ketemu di Latis Privat šŸ˜Š

#kalor #perpindahankalor #konveksi

Source:

https://studiousguy.com/examples-convection-everyday-life/

https://lambdageeks.com/examples-of-convection-heat-transfer/

https://www.toppr.com/guides/physics/thermodynamics/heat-transfer-convection/




Komentar

Popular Post